Selasa, 13 Maret 2018

SOSIALISASI SPAN UM-PTKIN 2018

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 11.32, under |

SOSIALISASIKAN SPAN UM-PTKIN, 12 PRODI STAIN GAJAH PUTIH
SIAP TERIMA MAHASISWA BARU
TAKENGON (STAINGPA) - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon tengah menggalakkan sosialisasi pendaftaran mahasiswa jalur SPAN UM-PTKIN tahun 2018.
Sosialisasi dilakukan dalam rangka memberikan informasi sekaligus meningkatkan minat masyarakat untuk masuk ke PTKIN melalui jalur yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.
"Waktunya tidak lama lagi, jangan sampai ada anak berminat kuliah tapi tidak memperoleh informasi yang cukup terkait cara mendaftar di PTKIN, " pungkasnya.
Tahun 2018, STAIN Gajah Putih Takengon memperoleh kuota untuk SPAN sebanyak 442 orang untuk penerimaan mahasiswa baru melalui jalur tersebut.
Kamis (08/03/2018), tim sosialisasi kampus yang diketuai langsung Wakil Ketua Bidang Akademik Dr. Al Musanna, M.Ag  dan bidang penerimaan Ahdiar Fitrah, ST, serta dalam rombongan tersebut  Mahadir, MA, Abdan Syakura, S.Sos turun ke Kabupaten Bener Meriah.
Kedatangan tim disambut sejumlah kepala sekolah tingkat SLTA di seputar wilayah kabupaten tersebut.
Doktor kurikulum itu menerangkan, per 7 Maret 2018 STAIN Gajah Putih melalui jalur SPAN telah didaftar oleh 127 calon mahasiswa baru. Dirinya berharap dengan sosialisasi yang dilakukan, minat masyarakat masuk ke STAIN semakin meningkat hingga menembus kuota yang diharapkan.
Seperti diketahui, pendaftaran jalur SPAN masih akan dibuka  hingga 29 Maret mendatang. Sementara proses tes seleksi digelar dalam dua gelombang. Gelombang pertama dijadwalkan tanggal 9-14 April dan gelombang kedua tanggal 18-25 April 2018. Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 1 Mei 2018.
Seperti diketahui, jalur SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.
Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.
Di STAIN Gajah Putih sendiri, terdapat 12  prodi yang disediakan untuk  jalur SPAN-UM PTKIN. Inilah 12 prodi yang siap menerima mahasiswa baru tersebut.
1. Pendidikan Agama Islam (PAI)
2. Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
3. Tadris Bahasa Inggris (TBI)
4. Tadris Matematika (TMA)
5.  Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
6. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
7.  Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
8.  Ekonomi Syariah (Eksya)
9.  Perbankan Syariah (Persya)
10. Hukum Tata Negara (HTN)
11.  Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)
12. Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT)
Sebelumnya, Dr. Al Musanna mengatakan, terdapat tiga jalur tes untuk masuk ke STAIN. Tiga jalur tersebut, Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan Ujian Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMM-PTKIN).
"Tahun ini kita menerima sebanyak 1002 mahasiswa melalui tiga jalur tes yang ada dengan berbagai jadwal seleksi yang berbeda," ujarnya saat ditemui di ruang kerja, Kamis (01/02/2018). (Humas)