Kamis, 29 Maret 2018

INISIASI PERPUSTAKAAN DESA

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 15.41, under |

INISIASI PERPUSTAKAAN DESA
MAHASISWA KPM GALANG DONASI BUKU


TAKENGON (STAINGPA) - Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Gajah Putih Takengon, yang kini tengah melaksanakan kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM), menemukan masyarakat yang memiliki minat baca cukup tinggi pada beberapa kampung namun tidak diimbangi dengan adanya taman baca atau perpustakaan.
Salah satunya yang ditemukan mahasiswa KPM Kelompok 15 di Kampung Merodot Kecamatan Bintang, Aceh Tengah. Aryanto (ketua kelompok),  mengakui hingga saat ini tidak terdapat perpustakaan atau semacam taman baca untuk masyarakat di kampung tersebut.
Melihat demikian, mahasiswa yang terdiri dari berbagai prodi ini menggagas adanya perpustakaan mini untuk memenuhi antusias masyarakat tersebut.
Untuk itu, Aryanto mengatakan, kelompoknya saat ini tengah melakukan satu gerakan, yakni mengajak masyarakat untuk berdonasi buku, dan apabila terkumpul, nantinya akan dibangun ruang mini untuk menampung minat baca masyarakat.
"Kami atas nama kelompok lima belas, melakukan donasi buku ini karena melihat tingginya minat baca masyarakat di kampung Merodot kecamatan Bintang, khususnya dikalangan pelajar," sebut, Aryanto, Selasa (27/3/2018)
Donasi buku tersebut merupakan salah satu program utama yang digagas kelompoknya sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Karenanya, dia berharap dukungan dari masyarakat luas dan dinas-dinas terkait.
"Atas nama panitia donasi buku, kami mengharapkan dinas yang berwenang untuk dapat mendukung program pendidikan tersebut, masyarakat yang ingin mendonasikan buku, dapat mengirimkan bukunya ke kampus STAIN Gajah Putih Takengon," tandasnya.
Menanggapi hal ini, Ketua STAIN Gajah Putih Dr. Zulkarnain, M.Ag mengatakan, sudah semestinya kampus memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan masyarakat dan daerah.
Ketua menjelaskan, STAIN Gajah Putih akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.
"Melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M), setiap tahun kampus akan mengirim mahasiswa untuk mengikuti KPM, begitupun dosen akan kita dorong dan dukung untuk mengamalkan tridarma perguruan tinggi, sehingga dapat memberikan kontribusi positif dan manfaat bagi masyarakat luas," pungkas Ketua saat dihubungi humas melalui sambungan WhatsApp, (27/03). (Humas)