Rabu, 28 Februari 2018

PROF. YUDIAN WAHYUDI BERI KULIAH UMUM DI PROGRAM PASCASARJANA

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 18.54, under |

PROF. YUDIAN WAHYUDI BERI KULIAH UMUM DI
PROGRAM PASCASARJANA STAIN GAJAH PUTIH

 TAKENGON (STAINGPA) – Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon mengundang guru besar dengan segudang prestasi, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, MA, Ph.D untuk memberi kuliah umum pada acara stadium general yang digelar di Aula Biro setempat pada Senin (26/02/2018).
Dalam biografinya, Profesor Yudian Wahyudi merupakan dosen pertama dari Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) yang berhasil menembus Harvard Law School di Amerika Serikat.
Hal itu diperolehnya setelah menyelesaikan pendidikan doktor (PhD) di McGill University, Kanada. Ia juga berhasil menjadi profesor dan tergabung dalam American Asosiation of University Professors serta dipercaya mengajar di Tufts University, Amerika Serikat (AS).
Direktur Program Pascasarjana, Dr. Shaumiwaty, M.Hum menyebutkan, kegiatan stadium general ini merupakan kegiatan rutin menjelang kuliah semester baru.
“Ini bertujuan untuk memperkuat tradisi akademik yang mampu membuka wawasan dan meningkatkan mutu internal dan lulusan, sehingga menunjang percepatan akreditasi program pascasarjana, kita targetkan B,” katanya.
Sementara itu, Ketua STAIN Gajah Putih Takengon, Dr. Zulkarnain, M.Ag, menyampaikan apresiasi atas kehadiran guru besar UIN Sunan Kalijaga itu.
“Kami sangat berterimakasih atas kehadiran Profesor Yudian, disela-sela kesibukan dan jadwal yang sangat padat masih menyempatkan diri kembali hadir ke STAIN Gajah Putih, tentu ini tidak boleh disia-siakan,” tuturnya saat membuka acara.
Dalam kuliah umumnya, Profesor Yudian yang juga Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu, menegaskan bahwa kurikulum menjadi bagian penting untuk mewujudkan sebuah pendidikan yang berkualitas.
Lebih jauh, tokoh yang membidani kesetaraan gelar alumni PTU dan PTKIN ini menyebut kesalahan perumusan kurikulum sebagai faktor utama penyebab internal kemunduran umat Islam.
“Penyebab utama internal mengapa umat Islam mundur adalah kurikulum,” tegasnya.
Ceramah ilmiah yang diikuti mahasiswa dan dosen itu berakhir dengan penandatanganan MoU antara STAIN Gajah Putih dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam peningkatan mutu internal lembaga. (Humas)