Rabu, 28 Februari 2018

MENAG BUKA MUZAKARAH ULAMA DAN SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN ISLAM

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 22.24, under |


USAI PERESMIAN GEDUNG, MENAG BUKA MUZAKARAH ULAMA
DAN SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN ISLAM



TAKENGON (STAINGPA) – Usai seremoni peresmian gedung kampus baru di Mulie Jadi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Takengon menggelar Muzakarah Ulama. Muzakarah ini mengangkat tema Revitalisasi Peran Ulama dan Perbankan Syariah dalam Penguatan Ekonomi Umat.
Sebagai Keynote Speaker, Menag Lukman mengapresiasi inisiatif STAIN menggelar muzakarah. Terlebih temanya relevan dengan kondisi keumatan masa kini.
"Kemiskinan berpotensi membawa kita pada kekufuran. Karenanya penguatan ekonomi umat menjadi bagian tak terpisahkan dari agama itu sendiri," terang Menag, Rabu (28/02).
Menag menilai, muzakarah relevan sebagai ruang para ulama dan akademisi untuk membahas bersama agar ajaran agama senantiasa kontekstual.
"Tantangan kita, bagaimana mengkoneksikan ajaran agama sesuai realitas kekinian. Membuat ajaran agama tetap relevan," tuturnya.
Menag mencontohkan masalah zakat profesi. Menurutnya, diperlukan pandangan ulama terkait hal ini seiring tidak adanya teks yang menegaskan hal ini.
Ada yang berpendapat bahwa zakat profesi tidak wajib, sebab pada zaman Rasul yang ada hanya pertanian, peternakan, hasil tambang, dan lainnya.
Muzakarah ini menghadirkan dua narasumber, yaitu: Prof. Dr. Al Yasa' Abu Bakar, MA (Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh), dan Dr. H. Mohammad Hidayat, MBA (Bank Syariah Mandiri Jakarta).
Peserta muzakarah terdiri dari perwakilan MPU di seluruh wilayah Aceh, pimpinan pondok pesantren, dinas syariat Islam, dan kantor kemenag provinsi/Kabupaten.


Secara terpisah, digelar pula seminar nasional pendidikan Islam bertema Reformulasi Praksis Pendidikan Guru untuk Menyiapkan Guru Era Milenial yang Profesional dan Responsif. 
Seminar yang dihadiri puluhan praktisi pendidikan, dosen, dan mahasiswa mengundang narasumber Prof. Drs. M. Sirozi, MA, Ph.D (Rektor UIN Raden Fatah Palembang) dan Prof. Dr. Syafaruddin, M. Pd. (Wakil Rektor I UIN Sumatera Utara Medan). (Humas)