Senin, 12 Februari 2018

GEDUNG AUDITORIUM SBSN STAIN GPA HARUS IKONIK

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 18.52, under |

KETUA STAIN: GEDUNG AUDITORIUM SBSN HARUS IKONIK
MODERN, KEISLAMAN, DAN BERKEARIFAN LOKAL


TAKENGON (STAINGPA) - Ketua STAIN Gajah Putih Takengon, Dr. Zulkarnain, M.Ag, menyampaikan bahwa gedung pembangunan auditorium dengan pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2018 harus ikonik.

Hal itu ditegaskan Ketua STAIN kepada tim konsultan perencana saat menggelar rapat FGD pada Senin (12/02/2018) di Aula Biro.
“Gedung SBSN itu ikonik, punya kekhasan baik interior maupun eksterior, jadi yang akan kita bangun ini gedung auditorium terintegrasi, itu ikonik,” katanya.

Selain ikonik, Ketua menyebutkan tiga ciri lain dari gedung SBSN yaitu, kemodernan, keislaman, dan kearifan lokal.
“Keislaman itu bisa banyak bentuknya, bisa kubah masjid, bisa arsitektur Timur Tengah, dan hampir semua PTKIN itu bernuansa seperti itu,” jelasnya.

Sementara itu, kearifan lokal menurutnya merupakan ciri masyarakat yang diyakini memiliki nilai-nilai mulai dari etis, estetis, termasuk religi. Ketua mencontohkan, diantara nilai kearifan lokal yang bisa diadopsi dalam bangunan gedung SBSN adalah lapan sagi (segi delapan) dan motif kerawang gayo.

“Insya Allah 2019 kita akan bangun gedung kemahasiswaan itu kita akan desain lapan sagi,” tukasnya.

Untuk auditorium, Ketua STAIN meminta konsultan perencana untuk memuat motif kerawang gayo dan logo gajah putih dalam desain bangunan yang direncanakan.

“Yang paling penting ada logo gajah putihnya di situ, bukan hanya kepala dan gading tapi penuh (utuh-red). Saya baca, ternyata gajah adalah hewan paling cerdas dan setia,” katanya. (Humas)