Kamis, 15 Februari 2018

STAIN GAJAH PUTIH JALIN KERJASAMA DENGAN EBSCO

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 23.20, under |

DORONG DOSEN TULIS JURNAL INTERNASIONAL, STAIN
GAJAH PUTIH JALIN KERJASAMA DENGAN EBSCO


TAKENGON (STAINGPA) -  Menulis karya ilmiah pada jurnal terakreditasi dan bereputasi merupakan tuntutan dan keinginan bagi setiap dosen. Tidak hanya itu, kualitas dan kuantitas karya tulis dosen pada jurnal juga menjadi penentu akreditasi bagi sebuah lembaga perguruan tinggi.
“Saya kira dosen dengan jurnal menjadi bagian yang tak terpisahkan, namun tidak sedikit dosen yang kurang berminat untuk menulis,” kata Dr. Al Musanna, M.Ag.
Menurut Wakil Ketua Bidang Akademik itu, kendala lain yang sering dihadapi dosen dalam menulis jurnal adalah ketersediaan sumber rujukan.
Mengatasi hal itu, Kamis (15/02/2018), STAIN Gajah Putih Takengon menjalin kerjasama dengan EBSCO, sebuah penyedia dan pengindeks jurnal elektronik.
“Kerjasama ini telah terjalin sejak tahun lalu, ini tahun kedua, pertama sekitar bulan Maret saat pelatihan penulisan jurnal internasional. Kerjasama ini testimoni saja, saya sudah merasakan manfaatnya, tidak ada alasan tidak ada buku (untuk rujukan menulis),” tuturnya.
Siyam, utusan dari EBSCO, mengatakan saat ini EBSCO memiliki ratusan database dan ribuan jurnal dan buku elektronik. Ditambahkannya, EBSCO juga dapat membantu penulis untuk terhubung dengan ribuan editor jurnal terindeks dan bereputasi di dunia.
“EBSCO saat ini memiliki lebih dari 375 database, 750rb e-books, dan 355ribu e-jurnal, terimakasih kepada Ketua STAIN GPA yang telah mempercayakan untuk bekerjasama dengan kami,” pungkas Siyam.
Sementara itu, Ketua STAIN, Dr. Zulkarnain, M.Ag,  meminta civitas kampus untuk memanfaatkan kerjasama tersebut sehingga bisa menembus dunia internasional.
“Ini kami persembahkan untuk para akademisi di kampus ini, silahkan dimanfaatkan, silahkan dosen yang punya karya, menembus internasional lewat jurnal ilmiah,” tukasnya saat membuka acara.
Ketua juga berharap, dalam waktu yang tidak lama, dosen STAIN sudah memiliki tulisan yang terindeks di EBSCO.
“Ini pemanasan, hasilnya bisa dilihat 3 tahun ke depan, sekarang kita siapkan lahannya, saya berharap minimal tahun ini atau tahun depan sudah ada tulisan dosen kita terindeks di EBSCO,” tambahnya.
Dalam kesempatan itu, hadir para dosen dan mahasiswa di lingkup STAIN Gajah Putih untuk mengikuti acara sosialisasi jurnal elektronik yang disuguhkan oleh EBSCO. (Humas)