Jumat, 02 Februari 2018

BUKA PENDAFTARAN SPAN-UM PTKIN 2018

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 17.57, under |

BUKA PENDAFTARAN, STAIN GAJAH PUTIH SIAPKAN 1000 KUOTA
LEBIH UNTUK MAHASISWA BARU
TAKENGON (STAINGPA)- Memasuki masa penerimaan mahasiswa baru (maba) tahun 2018, STAIN Gajah Putih Takengon mulai menerima pendaftaran calon mahasiswa baru melalui berbagai jalur.
 Ketua Panitia sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STAIN Gajah Putih Takengon 2018, Dr. Al Musanna, M.Ag mengatakan, saat ini pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi kepada beberapa sekolah melalui berbagai kegiatan maupun kepada masyarakat luas melalui media.
 Dijelaskannya, terdapat beberapa jalur tes yang bisa diikuti untuk masuk ke kampus Islam negeri di daerah berhawa sejuk ini.
 "Tahun ini kita menerima sebanyak 1002 mahasiswa melalui tiga jalur tes yang ada dengan berbagai jadwal seleksi yang berbeda," ujarnya saat ditemui di ruang kerja, Kamis (01/02/2018).
 Tiga jalur tersebut, Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan Ujian Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (MM-PTKIN).

Terpisah, bagian pendaftaran, Ahdiar ST menambahkan, masih terdapat satu jalur lain untuk masuk ke STAIN Gajah Putih yaitu, jalur masuk program studi langka peminat.
 “Itu belum termasuk langka peminat, kuotanya 22 orang,” terangnya.
 Untuk saat ini, proses pendaftaran yang sedang berlangsung ialah jalur SPAN-PTKIN. SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.
Pendaftaran SPAN PTKIN dijadwalkan berlangsung dari 1-29 Maret 2018. Hasil seleksinya akan diumumkan pada 1 Mei 2018. Untuk pendaftaran UM PTKIN, rencananya akan dibuka mulai 12 April - 8 Mei 2018. Ujian akan digelar pada 22 Mei dan hasilnya diumumkan pada 10 Juli. Sebelum mendaftar, calon maba diharuskan mengisi pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS) pada laman www.span.ptkin.ac.id dimulai sejak tanggal 30 Januari dan berakhir pada 24 Februari 2018.
 Untuk diketahui, saat ini terdapat 12 program studi yang dapat dipilih oleh calon maba di STAIN Gajah Putih Takengon, yaitu:
1.            Pendidikan Agama Islam (PAI)
2.            Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
3.            Tadris Bahasa Inggris (TBI)
4.            Tadris Matematika (TMA)
5.            Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
6.            Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
7.            Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
8.            Ekonomi Syariah (Eksya)
9.            Perbankan Syariah (Persya)
10.          Hukum Tata Negara (HTN)
11.          Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)
12.          Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT)

Diberitakan sebelumnya, STAIN Gajah Putih menyediakan beberapa program beasiswa tiap tahunnya, yaitu beasiswa bidikmisi, beasiswa prestasi, beasiswa tahfiz Al-Qur’an, dan beasiswa prodi langka peminat. (Humas)