Kamis, 25 Januari 2018

PROGRAM PASCASARJANA GELAR SIDANG PERDANA

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 14.26, under |

PROGRAM PASCASARJANA STAIN GAJAH PUTIH GELAR SIDANG PERDANA


TAKENGON (STAINGPA) - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon mengukir sejarah baru. Pada Kamis (25/01/2018), untuk pertama kalinya Program Pascasarjana STAIN Gajah Putih menggelar sidang munaqasyah (tesis) mahasiswanya sejak dibuka pada tahun 2015.
Direktur Program Pascasarjana, Dr. Shaumiwaty, M. Pd mengatakan, sidang perdana yang diikuti 6 mahasiswa ini menghadirkan 5 penguji bergelar doktor dan profesor.
Dosen penguji tersebut datang dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan UIN Sumatera Utara Medan, yaitu Prof. Dr. Hasan Asari, MA, Prof. Dr. Lahmuddin Lubis, M.Ed, Dr. Indra Jaya, M.Pd, Dr. Sri Suyanta, M.Pd, dan Kamaruzzaman Bustamam Ahmad, Ph.D.
Sementara dari STAIN, Dr. Zulkarnanin, M.Ag, Dr. Al Musanna, M.Ag, Dr. Shamiwaty, M.Ag, dan Dr. Al Misry, MA. Pantauan di lokasi, ujian tesis tersebut berlangsung khidmat.
"Hari ini sidang perdana bagi program pascasarjana diikuti oleh....mahasiswa dan mendatangkan 5 profesor dan doktor sebagai penguji, " terangnya.
Shaumiwaty menjelaskan, pascasarjana STAIN Gajah Putih masih memiliki satu program studi, Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan gelar alumni Magister Pendidikan (M.Pd.). Untuk saat ini, total mahasiswa pada prodi tersebut berjumlah 97 orang termasuk yang mengikuti proses sidang tesis.


   Namun, dosen yang akrab disapa Shaumi ini menambahkan, pihaknya telah mengusulkan prodi baru untuk program strata dua, yaitu prodi Hukum Ekonomi Syariah.
Menurutnya, minat masyarakat untuk mengenyam pendidikan S2 di STAIN Gajah Putih terus meningkat tiap tahun. Untuk diketahui, Program Pascasarjana STAIN Gajah Putih saat ini masih merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang menyediakan program studi magister di Aceh Tengah.
Ketua STAIN, Dr. Zulkarnain, M.Ag sebelumnya pernah menyampaikan bahwa pada tahun 2022 STAIN Gajah Putih sudah memiliki program doktoral. “Kita targetkan 2022 ada program strata tiga,” ujarnya saat mengisi menerima kunjungan Bupati Nasaruddin di Kampus Mulie Jadi, Selasa (12/12/2017). (Humas)