Rabu, 24 Januari 2018

GELAR SEMINAR CEGAH RADIKALISASI UNTUK ANAK USIA DINI

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 16.54, under |

STAIN GAJAH PUTIH GELAR SEMINAR CEGAH 
RADIKALISASI UNTUK ANAK USIA DINI
TAKENGON (STAINGPA) – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon menggelar seminar pendidikan multikultural untuk mencegah radikalisasi. Acara tersebut berlangsung di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon Rabu (24/01/2018).
Kegiatan yang diinisiasi Himpunan Mahasiswa Prodi PIAUD itu menghadirkan sejumlah guru PAUD di Aceh Tengah dan Bener Meriah.
"Kami juga mengundang guru PAUD untuk mendapatkan pengalaman mereka di lapangan bagaimana menerapkan pendidikan multikultural dan anti radikalisme, " kata Ketua Panitia, Huwaina.
Lanjut Huwaina, kegiatan ini dilatarbelakangi adanya fenomena radikalisme yang begitu mencuat sebagai isu nasional bahkan dunia beberapa tahun terakhir ini.
“Harapan kami semoga peserta bisa memperoleh informasi tentang cara mendidik anak untuk memahami keragaman, sehingga terhindar dari paham radikal sejak dini," imbuh mahasiswa semester tujuh tersebut.
Dalam kesempatan itu Ketua STAIN Dr. Zulkarnain, M.Ag menyampaikan, pendidikan multikultural merupakan satu keharusan karena keragaman  merupakan bagian dari sunatullah.
"Agar harmonisasi berkehidupan sosial dapat terealisasi, langgeng diperlukan sikap toleran, dan saling menghargai," ujar doktor filsafat pendidikan dari UPI tersebut.
Radikalisasi itu proses penanaman nilai-nilai sepihak yang bersifat intoleran, sehingga yang tidak sama dianggap salah, secara sosio-kultural itu salah. Toleran dan saling menghargai terwujud bila radikalisme ini dapat dihalau,” imbuhnya.
Berdasarkan informasi yang dihimpun, seminar tersebut dihadiri hampir 400 peserta yang terdiri dosen, guru PAUD, mahasiswa dan siswa perwakilan dari lembaga pendidikan yang ada di Aceh Tengah dan Bener Meriah.
Sementara untuk narasumber, hadir Prof. Dr. Hasan Asasi, MA (guru besar UIN SU Medan), Dr. Zulkarnain, M.Ag (Ketua STAIN Gajah Putih), Dr. Al Musanna, M.Ag (Wakil Ketua I), Izzatur Rusuli, M. Ed., Ph.D (Dosen PIAUD STAIN Gajah Putih), Turham AG, M. Pd (Dosen PIAUD STAIN Gajah Putih, serta Bunda PAUD Aceh Tengah dan Bener Meriah. (Humas)