Selasa, 19 Desember 2017

SEMINAR JURUSAN USHULUDDIN DAN DAKWAH

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 23.25, under |

SEMINAR JURUSAN USHULUDDIN DAN DAKWAH KUATKAN 
LITERASI MEDIA SOSIAL

TAKENGON (STAINGPA) - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon kembali menggelar seminar ilmiah di Aula Biro Kampus setempat pada Selasa (19/12/2017). Melalui Jurusan Ushuluddin dan Dakwah, seminar kali ini mengusung  tema  "Penguatan Literasi Media Sosial Sebagai Pilar Islam Moderat di Indonesia".
"Kegiatan ini merupakan bentuk respon akademis masyarakat kampus terhadap fatwa MUI tentang pedoman ber-media sosial", kata Ketua Jurusan Ushuluddin dan Dakwah sekaligus Ketua Panitia, Makmur Jaya, MA.
Seperti diketahui, pada bulan Mei lalu Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa Nomor 24 tahun 2017 tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah melalui Media Sosial. Fatwa tersebut antara lain mengharamkan umat Islam menyebarkan berita bohong (hoaks), pornografi, aib, fitnah, dan ujaran kebencian.
Kapolres Aceh Tengah, dalam hal ini diwakili Kasat Binmas Suwarno S. Sos., mengajak masyarakat untuk menggunakan segala bentuk media komunikasi seperti untuk hal-hal positif dan tujuan damai.
Dia juga mengimbau untuk berhati-hati dalam menyampaikan keluhan melalui sosial media. Pasalnya, sampai saat ini belum ada perangkat hukum yang dapat melindungi jurnalisme warga dari pasal pencemaran nama baik.
“Jika ingin menulis keluhan di sosial media jangan menuliskan dengan jelas nama orang atau instansinya”, beber Suwarno saat menjadi narasumber kegiatan, Selasa (19/12).
Selain Kasat Binmas Polres Aceh Tengah, turut hadir sebagai narasumber dari Dinas Perhubungan dan Kominfo Zulfikar Ahmad, ST, PWI Aceh Tengah Bahtiar Gayo, dan  akademisi yang diisi oleh dosen STAIN Gajah Putih Takengon, Nurliana, MA.
Pada kesempatan yang sama, Ketua STAIN Gajah Putih Dr. Zulkarnain, M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan itu adalah seminar pamungkas kampus pada tahun 2017. Sebelumnya, telah dilakukan kegiatan serupa melalui Jurusan Tarbiyah dan Syariah dengan tema sesuai bidang keilmuan.
“Ini adalah seminar terakhir pada tahun 2017, sebelumnya sudah ada seminar Jurusan Tarbiyah dan Dakwah, tema ditentukan oleh masing-masing jurusan”, terangnya dalam kata sambutan.
Menanggapi tema seminar, Ketua menjelaskan bahwa sebagai lembaga di bawah Kementerian Agama, STAIN Gajah Putih perlu mensosialisasikan Islam moderat kepada masyarakat.
"Islam moderat adalah wacana yang dibangun oleh Kementerian Agama, dalam berbagai kesempatan Menteri Agama sering menyampaikan, saringlah mana berita yang layak dan bermanfaat", tambahnya.
Soal media sosial, dia mengungkapkan, di tengah arus informasi yang begitu laju dan terbuka umat Islam harus disadarkan untuk mengambil peran dalam menyebarluaskan nilai-nilai yang bermanfaat bagi masyarakat dunia milenial.
Sebab jika tidak ada kontrol, menurutnya akan meruntuhkan nilai-nilai yang baik dalam tatanan masyarakat.
“Melalui kegiatan ini, kita harus tampil sebagai pengawal kehidupan bermasyarakat antara lain melalui interaksi media sosial, kita harus disadarkan tentang peran kita dalam media sosial, begitu banyak informasi yang disalahgunakan", pungkasnya.

Menurut pantauan humas, lebih 70 peserta yang hadir pada kegiatan itu terdiri dari dosen, mahasiswa, dan utusan dari sekolah menengah atas/madarasah aliyah di sekitar Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. (Humas)***