Rabu, 06 Desember 2017

FGD BERSAMA KPPN TAKENGON

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 23.20, under |

STAIN GAJAH PUTIH GELAR FGD BERSAMA KPPN TAKENGON

Ketua STAIN Gajah Putih tengah memberikan cenderamata kepada Kepala KPPN Takengon
pada acara FGD Penyelesaian Laporan Anggaran Tahun 2017 di Aula Biro
Rabu 6 Desember 2017. (Foto: Abdan)

TAKENGON (STAINGPA)- Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon menggelar forum diskusi kelompok (forum group discussion, FGD) bersama Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Takengon pada Rabu (6/12/2017) di Aula Biro STAIN.
Forum tersebut membincangkan seputar pengelolaan anggaran pada instansi negara. Ketua STAIN Gajah Putih Takengon, Dr. Zulkarnain, M.Ag menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan proses perealisasian dan pelaporan anggaran untuk satker STAIN Gajah Putih dapat berjalan lancar.

Ketua menjelaskan bahwa selama ini lembaga yang dipimpinnya mendapatkan pendampingan secara baik dari KPPN dalam menyelenggarakan anggaran negera sebagai satuan kerja (satker) di bawah Kementerian Agama.
"Realisasi anggaran STAIN Gajah Putih Takengon tahun ini cukup tinggi, dana bansos sudah terealisasi hampir seratus persen, SBSN (sudah terealisasi) 65 persen", katanya di tengah menyampaikan sambutan (6/12).
Namun, menurutnya proses pendampingan tersebut ke depan perlu ditingkatkan karena aturan-aturan terkait keuangan terus terbit dan mengalami perubahan.
 "Yang kedua, anggaran STAIN Gajah Putih Takengon ke depan tentu semakin bertambah seiring bertambahnya ASN (pegawai) dan program studi dalam rangka transformasi lembaga menjadi IAIN", tambah Ketua STAIN.
Pada kesempatan itu Ketua juga mengungkapkan sejumlah kendala yang dihadapi lembaganya dalam proses pengelolaan anggaran pada satker yang dipimpinnya, antara lain terbatasnya sumber daya manusia (SDM) yang mengerti tentang penyelenggaraan anggaran dengan baik.
"Kami siap memberikan surat lolos butuh kalau ada dari KPPN yang mau pindah ke satker STAIN", kelakarnya di depan peserta yang hadir.
Di akhir sambutan, Ketua STAIN menyampaikan apresiasi kepada KPPN yang telah melakukan pembinaan dan pendampingan, dan harapannya semoga semakin meningkat sesuai aturan yang berlaku.

Menanggapi hal itu, Rusli Kepala KPPN Takengon menyampaikan agar setiap kegiatan di setiap satker direncanakan dengan baik, sehingga proses realisasinya dapat dilakukan dengan mudah. “Kami proses sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku”, tuturnya (6/12).
Didampingi empat stafnya, Rusli juga mengungkapkan kalau forum itu sekaligus menjadi ajang sosialisasi bagi lembaga keuangan negara yang dipimpinnya sejak Agustus lalu. Pasalnya, dia kecewa kepada sebagian masyarakat yang kerap salah mempersepsikan KPPN sebagai “badan pertanahan”, meskipun memang kantornya bersebelahan dengan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN).
“Kami berkeinginan memperkenalkan tidak hanya KPPN melainkan kementerian keuangan kepada seluruh mahasiswa”, tegasnya.
Peserta yang terdiri dari jajaran pimpinan STAIN dan perwakilan mahasiswa itu pun tampak antusias menjawab pertanyaan berhadiah seputar lembaga dan keuangan negara sebagai bagian dari sosialisasi yang dilakukannya. (Humas)