Selasa, 28 November 2017

SEMINAR HASIL PENELITIAN DOSEN

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 18.17, under |



STAIN GAJAH PUTIH GELAR SEMINAR HASIL PENELITIAN DOSEN

Ketua STAIN Gajah Putih Takengon, Dr. Zulkarnain, M.Ag., tengah memberikan sambutan
saat membuka kegiatan seminar hasil penelitian dosen di Aula Biro
Selasa 28 November 2017. (Foto: Istimewa)

TAKENGON (STAINGPA). Melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat adalah tugas pokok bagi dosen di samping tugas pendidikan dan pengajaran. Tiga tugas pokok dosen tersebut (pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian  kepada masyarakat) tertuang dalam Tridharma Perguruan Tinggi.

Dalam mewujudkan hal tersebut, STAIN Gajah Putih Takengon mendorong dosennya melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengalokasikan sejumlah dana bantuan dalam pagu anggaran. Dr. Al Musanna, M.Ag, Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kerjasama, menuturkan bahwa pada tahun anggaran 2017, STAIN  Gajah Putih mengalokasikan dana sejumlah 200 juta lebih untuk mendukung penelitian dan pengabdian dosen yang diberikan secara selektif-kompetitif. Menurutnya, terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya dalam hal serapan anggaran.
Senada dengan itu, Susi Damaiyanti, M.Pd., Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M), juga menyatakan adanya peningkatan partisipasi di kalangan dosen STAIN Gajah Putih Takengon melalui lembaga penelitian yang dipimpinnya.
"Dari segi partisipasi juga terjadi peningkatan, ini terbukti dari realisasi yang meningkat dari tahun sebelumnya, kita akan dorong terus dan fasilitasi dosen untuk ini", tukasnya di sela-sela acara (28/11).
Tidak cukup sampai di situ, STAIN Gajah Putih juga memfasilitasi para dosen untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdiannya, Selasa (28/11/2017) di Aula Biro. Acara yang digelar dalam bentuk seminar itu memberikan ruang bagi 11 dosen untuk mempresentasikan hasil penelitian dan pengabdian mereka dari berbagai bidang disiplin keilmuan. Sejumlah dosen tersebut terdiri dari 7 kluster penelitian individu/kelompok, dan 4 kluster pengabdian masyarakat.
Ajang ekspos karya ilmiah itu menghadirkan dua reviewer dari Banda Aceh dan Medan. Dari Banda Aceh, hadir Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd. sementara dari Medan hadir guru besar dan dosen pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan, Prof. Dr. Lahmuddin Lubis, M.Ed. Keduanya tampak aktif memberikan masukan terhadap hasil penelitian dan pengabdian yang disuguhkan sejumlah dosen STAIN Gajah Putih tersebut.
Menanggapi kegiatan tersebut, Ketua STAIN Gajah Putih, Dr. Zulkarnain, M. Ag, yang turut hadir dalam acara pembukaan, menyampaikan bahwa lembaga dalam kepemimpinannya memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung kegiatan penelitian dan pengabdian dosen. Sebelumnya, dia memberikan arahan agar penelitian dihasilkan dosen dapat dimuat pada laman daring jurnal kampus. Saya minta hasil penelitian ini harus dimuat di e-journal STAIN Gajah Putih, tegasnya saat rapat menjelang seminar dibuka (28/11).
Untuk diketahui, selain di kampus, pada tahun ini ada beberapa dosen STAIN Gajah Putih Takengon yang juga lulus dana hibah penelitian kompetitif di pusat, yaitu 1 dosen lulus kluster penelitian, 2 kelompok dosen pada kluster pengabdian masyarakat, dan 2 orang lulus pada kluster short course metodologi penelitian.
Makmur Jaya, MA, salah satu peneliti yang memperoleh dana hibah kampus, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada lembaga yang telah memberikan dukungan bagi dosen untuk mewujudkan  Tridharma Perguruan Tinggi.
"Meneliti adalah tugas pokok kami sebagai dosen, kami sangat berterimakasih atas perhatian lembaga untuk ini", ujarnya usai memaparkan hasil penelitian yang menyoal tentang kontribusi alumni prodi KPI terhadap pembangunan di dataran tinggi Gayo.
Turut hadir dalam kegiatan yang digelar P3M tersebut sejumlah pejabat di lingkungan STAIN Gajah Putih Takengon, perwakilan dosen dari berbagai jurusan, dan perwakilan mahasiswa dari semester VII. (Humas)