Selasa, 21 November 2017

PELAKSANAAN AICIS 2017

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 15.04, under |

HADIRI AICIS 2017, KETUA HARAPKAN DOSEN STAIN 
GAJAH PUTIHINTENS IKUTI PERKEMBANGAN


Ketua STAIN Takengon tengah mengikuti kegiatan diskusi pada acara ACIS Tahun 2017 yang digelar 
Dirjen Pendis Kemenag di ICE BSD Serpong, Tangerang Selatan, Banten
20-23 Nopember 2017. (Foto: Istimewa)

TANGERANG (STAINGPA). Lebih dari 400 intelektual dari dalam dan luar negeri hadir dan berdiskusi sejak kemarin (20/11/2017) pada kegiatan Annual Internatinal Conference On Islamic Studies (AICIS) yang digelar Kementerian Agama.
Seperti dilansir di laman Kemenag.go.id, Dirjen Pendis Kamaruddin Amin mengatakan, diskusi tersebut dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para peneliti dan dosen untuk mempresentasikan hasil-hasil temuan penelitian mereka. Kegiatan tahunan ini sudah dimulai sejak tahun 2000, dan tahun ini merupakan yang ke-17.
Perhelatan akbar tersebut menurut jadwalnya berlangsung hingga tanggal 23 November 2017 di ICE BSD Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Mereka yang hadir terdiri dari rektor dan guru besar se-Indonesia serta peserta dari 20 negara.
Pada acara yang dilaksanakan oleh Dirjen Pendis tersebut, turut hadir Ketua STAIN Gajah Putih Takengon Dr. Zulkarnain M.Ag. sebagai peserta aktif. Ia menuturkan, Konferensi Internasional Studi Islam tersebut merupakan bagian dari penguatan dan pengembangan keilmuan para cendia kampus, ajang curah gagasan berlandas metodologi keilmuan guna mempersembahkan alternatif solusi perbaikan kehidupan.


Selain Ketua, turut hadir mendampingi Dr. Almusanna, M.Ag. (Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kerjasama), Dr. Shaumawaty, M.Hum. (Direktrur Program Pascasrjana), dan Hendryanto Bujangga, M.Pd  (Dosen).
Di sela-sela acara tersebut Ketua STAIN menyampaikan harapan kepada segenap dosen di lingkungan lembaga yang dipimpinnya agar dapat berpartisipasi aktif pada AICIS yang akan datang.
“Pada AICIS tahun depan diharapkan ada dosen STAIN Gajah Putih Takengon sebagai pembicara, oleh karena itu para dosen harus intens mengikuti perkembangan dan menyiapkan tulisan terkait tema yang akan dibahas pada tahun depan”, harapnya Selasa (21/11/2017)
Seperti diketahui, pembicara pada kegiatan tersebut adalah para akademisi kaliber internasional yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Untuk AICIS tahun ini tercatat sejumlah guru besar di berbagai studi keislaman dalam negeri yang menjadi pembicara, antara lain Prof. Azyumardi Azra, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, KH. Husein Muhammad, dan lain-lain. Mereka dipandu oleh aktris kawakan Marissa Grace Haque atau yang lebih dikenal dengan nama Marissa Haque.
Sementara itu dari luar negeri tercatat antara lain, Prof. Farid Alatas, Ph.D (National University of Singapore), Prof. Nico J Kaptein (Leiden University), Prof. Lisolette Abid (Vienna University), Prof. Livia Holden (Oxford University), Prof. Saif Rashid al-Jabiri (University Canada Dubai), Dr. Nargiza F Amiroza (Nagoya University Japan), dan Dr. Ahmed al-Senouni (Emirati Development Program dan Muwatta Center Abu Dhabi).[Humas]