Selasa, 19 September 2017

STAIN Takengon Jalin Kerjasama Pendidikan dengan UPSI Malaysia

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 10.24, under |



STAIN Takengon Jalin Kerjasama Pendidikan dengan UPSI Malaysia

 
Ketua STAIN Takengon Zulkarnain menandatangani nota kesepahaman dengan Kabid Kerjasama Internasional UPSI Malaysia. (foto: istimewa)
Takengon (Kemenag) --- Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon terus berupaya meningkatkan keualitas pendidikan dan pembelajaran. Beragam upaya dilakukan, terbaru adalah menjalin kerjasama dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia.

Kerjasama bidang pendidikan ini ditandai penandatangaan kesepahaman antar kedua pihak di Malaysia, Selasa (12/09). Penandatanganan dilakukan antara Ketua STAIN Takengon Zulkarnain dengan Kepala Bidang Kerjasama Internasional UPSI Prof. Intan Safinas BT Mohd. Arief Albakri. 

Menurut Zulkarnain, ada beberapa kesepakatan dalam kerjasama ini. Ke depan, sejumlah dosen STAIN Takengon dapat melanjutkan pendidikan doktor di UPSI. Untuk tahun pertama, akan ada satu dosen pendidikan Bahasa Inggris dan satu dosen pendidikan matematika yang akan melanjutkan pendidikan S3 di UPSI Malaysia. 


Kesepakatan lainnya terkait penyelenggaraan kuliah pengabdian kepada masyarakat. Baik STAIN Takengon maupun UPSI Malaysia akan saling memberi akses bagi para mahasiswa dan dosen untuk melaksanakan kuliah pengabdian masyarakat. “Kerjasama juga akan dirintas dalam penerbitan jurnal internasional. Dalam waktu dekat pihak UPSI akan melakukan kunjungan balasan ke STAIN Takengon,” tutur Zulkarnain.

STAIN Gajah Putih Takengon yang berlokasi di Aceh Tengah ini terus berbenah. Selain meningatkan sarana prasarana, kampus ini juga terus berupaya meningkatkan kualifikasi pendidikan bagi para dosennya. Tahun 2017 ini, sedikitnya 8 dosen telah menyelesaikan program doktoral dari beberapa universitas, dalam dan luar negeri. Satu dosen lulus program doktoral melalui program 5000 doktor kementerian Agama. Selain itu, sebanyak 13 orang saat ini sedang dalam proses pendidikan.

Zulkarnain berharap STAIN Takengon terus berkembang sehingga dapat memberikan pendidikan berkualitas bagi mahasiswa, khususnya di Aceh dan Sumatera.