Jumat, 02 Juni 2017

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) 2017

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 10.31, under |

Takengon (Kemenag) ---   Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) baru saja menggelar Ujian Masuk (UM PTKIN). Sebanyak 56 PTKIN menggelar ujian ini secara serentak pada Selasa, 23 Mei 2017, di STAIN Gajah Putih Takengon yang juga bertepatan dengan  peletakan batu pertama pembangunan gedung kampus dua  oleh Sekjen Kemenag R.I Prof. Dr. Nur Syam, M.Si melalui skema pembiayaan SBSN Tahun 2017.
Ketua STAIN Gajah Putih Takengon Dr. Zulkarnain, M.Ag mengatakan bahwa minat calon mahasiswa untuk kuliah di STAIN Takengon terus meningkat. Hal ini menurutnya ditandai dari
kenaikan jumlah pelajar yang mendaftar. "Tahun Akademik 2015/2016, total peminat mencapai 2070, sedang yang diterima hanya 551. Tahun ini, total peminat naik menjadi 2762 dan yang diterima 631," ujarnya di Takengon, Jumat (26/05).
Menurut Zulkarnain, ada tiga jalur masuk STAIN Gajah Putih Takengon. Pertama, Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) PTKIN. Jalur ini diikuti 1380 peminat.
Kedua, Ujian Masuk (UM) PTKIN yang tahun ini diikuti 881 peminat. Dan ketiga, jalur Ujian Masuk Mandiri (UMM) PTKIN. Tahun ini tercatat ada 501 peminat yang mendaftar di STAIN Gajah Putih Takengon, ujarnya.
"Keterbatasan fasilitas, menjadikan seleksi berjalan ketat karena tidak semua peminat bisa ditampung," sambungnya.
Tahun ini, STAIN Gajah Putih Takengon menerima bantuan pembangunan dari Kementerian Agama melalui skema pembiayaan SBSN. Peletakan batu pertama pembanguan kampus dua STAIN Takengon sudah diresmikan oleh Sekjen Kemenag Nur Syam pada Selasa, 23 Mei 2017.
"Tahun ini, kami mendapat biaya SBSN sebesar Rp30,6miliar. Dari jumlah itu, untuk pembangunan sarana fisik sebesar Rp25,8 miliar. Gedung ini direncanakan memiliki 38 ruang kelas, ada juga ruang kantor, rapat, kantin mahasiswa dan lainnya," terangnya.
"Dengan tambahnya fasilitas ini, input mahasiswa ke depan diharapkan akan lebih banyak yang bisa ditampung karena animo calon mahasiswa terus meningkat," tandasnya. (humasstain/mkd/mkd)