Jumat, 09 Mei 2014

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM-PTAIN) STAIN Gajah Putih Takengon 2014

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 18.00, under |

           UM-PTAIN salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh STAIN Gajah Putih Takengon pada tahun 2014 yang tidak terlepas dari Undang-Undang yang berlaku, dalam hal ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. Pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPAN-PTAIN) dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM-PTAIN) yang kedua pola tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

UM-PTAIN yang merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 53 PTAIN di Indonesia melalui ujian tertulis  salah satunya STAIN-GPA. Peserta yang mengikuti seleksi UM-PTAIN di STAIN-GPA harus membayar biaya pendaftaran melalui bank Mandiri di manapun berada.

 Ketentuan Umum dan Persyaratan
A.  Jurusan dan Prodi :
No
Jurusan
 Prodi
   Status
1
Tarbiyah
 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Terakreditasi
 Tadris Bahasa Arab (TBA)
Terakreditasi
 Tadris Bahasa Inggris (TBI)
Terakreditasi
 Tadris Matematika (TMA)
Terakreditasi
 Pendidikan Guru Raudhatul  Athfal (PGRA)
Terakreditasi
2
Syari’ah
  Ekonomi Islam (Ekni)
Terakreditasi
3
Dakwah
 Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)
Terakreditasi

B.  Persyaratan
1.    Pendaftaran
a. Lulus dari Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara tahun 2012, 2013, dan 2014. Lulusan tahun 2012 dan 2013 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara dan lulusan tahun 2014 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah.
b. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTAIN.

2.    Penerimaan
Lulus dari Satuan Pendidikan, lulus seleksi UM-PTAIN 2014, sehat, dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTAIN penerima.

C.  Tata Cara Pendaftaran
a. Pendaftaran  dilakukan  secara   online  dan  tata cara  pendaftaran  dapat  dilihat  pada  laman http://www.um-ptain.ac.id atau http://www.staingajahputih.ac.id .
b.      Pendaftaran online dimulai tanggal 6 Mei – 20 Juni 2014.

D.  Jenis Ujian
Ujian Tertulis dengan materi:
a. Tes Potensi Akademik
b. Tes Bidang Studi Prediktif:
1)   Tes Bidang Studi Dasar terdiri atas mata ujian Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Ilmu Alamiah Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar.
2)  Tes Wawasan Keislaman terdiri atas mata ujian al-Qurán-al-Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, Akidah-Akhlak, dan Fiqh
3)      Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
4)    Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

E.  Jadwal Ujian
Selasa, 24 Juni 2014
:
Tes Potensi Akademik
Tes Bidang Studi Dasar
Tes Wawasan Keislaman
Rabu, 25 Juni 2014
:
Tes Bidang Studi IPA
Tes Bidang Studi IPS