Kamis, 19 September 2013

KETUA STAIN GAJAH PUTIH KONFIRMASI BKN

Posted by STAIN GAJAH PUTIH 12.13, under |

Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Gajah PutihTakengon (Dr. Zulkarnain, M.Ag), menyampaikan bahwa STAIN Gajah Putih merupakan salah satu satker Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI, mendapat formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 melalui jalur umum. Formasi tersebut ditetapkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Untuk STAIN Gajah Putih Takengon MENPAN-RB menetapkan formasi 94 untuk tenaga Dosen dan 3 laboran. Jumlah kuota keseluruhan adalah 97 formasi. Formasi ini merupakan kebutuhan Satker STAIN Gajah Putih Takengon, sejak status negeri ditetapkan pemerintah CPNS pendidikdan kependidikan telah diusulkan kepada Biro Kepegawaian Kementerian Agama, Direktur Jenderal Pendidikan Islam dan MENPAN-RB. Usul CPNS disampaikan berdasar Analisis Jabatan (Anjab),  Analisis Beban Kerja (ABK) dan Renacana Penempatan sesuai Kebutuhan. Kami bersyukur dan bertermakasih kepada para pihak yang mendorong, merealisasikan usulan kami, 70% usul untuk Dosen telah terpenuhi, walaupun untuk tenaga kependidikan belum tertampung dalam formasi CPNS jalur umum tahun 2013 ini. Sebagai satker baru STAIN Gajah Putih Takengon sangat membutuhkan tenaga struktural, selain untuk mengisi struktur dan Organisasi Tata Kerja (Ortaker) STAIN Gajah Putih,  juga untuk memaksimalkan pelayanan kepada para pengguna jasa STAIN Gajah Putih.
Penerimaan pelamar sepenuhnya mengikuti system yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini Panitia Seleksi Nasional (panselnas) yaitu Kemenpan-RB dan BKN. Kementerian Agama beserta satker yang memperoleh formasi sepenuhnya mengikuti system yang dilaksanakan oleh PANSELNAS. Salah satu system penerimaan CPNS jalur umum ini adalah bahwa proses pendaftaran dilakukan pelamar untuk mengisi formasi menggunakan system pendaftaran online melalui web. SSCN Badan Kepegawaian Negara.
Sistem penerimaan CPNS jalur umum tersebut telah disosialisasikan kepada para Satker yang memperoleh formasi juga dibahas dalam Rapat Koordinasi antara Biro Kepegawaian dengan pihak Satker. Setelah beberapa kali pembahasan baru kemudian Kementerian Agama mengumumkan formasi dan Satker melalui website-nya. Tanggal 14 s.d. 28 September 2013 adalah waktu pendaftaran bagi pelamar.
Setelah 4 hari pengumuman tersebut dimuat, para pelamar belum berhasil memuat biodata dan formasi yang ingin dilamarnya. Permasalahannya, bahwa dalam web.sscn.bkn.go.id tersebut belum termuat secara lengkap nama dan lokasisatker. Jumlahsatker yang menerimaformasi 12 satker yang termuat hanya 5 satker, 7 satker lainya belum dimuat termasuk satker STAIN Gajah Putih Takengon. Sejak pengumuman dikeluarkan kementerian agama, banyak pelamar yang menanyakan hal tersebut kepada kami. Kemudian kami mengkonfirmasi kepada pihak kementerian Agama, informasi yang kami terima, bahwa satker dan formasi sedang dalam proses pemuatan kedalam web BKN, kami pun diminta bersabar.

Konfirmasi Kepada Pihak BKN
Dalam acara Rapat Koordinasi Penyusunan Usul Formasi Pegawai yang diselenggarakan Biro Kepegawaian Kementerian Agama pada tanggal 17 s.d. 19 September 2013 di Jakarta, pihak BKN hadir sebagai narasumber. Melalui acara tersebut, ketua STAIN Gajah Putih menyampaikan kepada pihak BKN prihal banyaknya pelamar yang menghubungi panita penerimaan CPNS di Satker, calon pelamar mengeluhkan belum dimuat nama satker STAIN Gajah Putih beserta formasinya di web. http://sscn.bkn.go.id, untuk melihat secara nyata Ketua STAIN Gajah Putih meminta ditayangkan web.sscn.bkn.go.id dalam acara tersebut.
Pihak BKN memberikan penjelasan, Pertama, bahwa seharusnya satker dan formasi telah siap  di web.sscn.bkn baru pengumuman dikeluarkan. Tapi yang terjadi sebaliknya, pengumuman sudah dikeluarkan padahal satker dan formasinya belum selesai dimuat di web. http://sscn.bkn.go.id inilah resikonya, kita tidak mencari siapa yang salah, tapi mari kita cari solusinya. Ia pun meminta admin dari biro kepegawaian secara bersama-sama dengan pihak BKN menyelesaikan persoalan ini secepatnya. Kedua, formasi Jalur umum pada kementerian agama dalam pembahasan sebelumnya tidak tersedia, lalu belakangan MENPAN-RB menetapkan alokasi. Jadi rumpun keilmuan dan jabatan yang menjadi formasi di kementerian agama belum semuanya tersedia dalam web. http://sscn.bkn.go.id tersebut, jadi kami harus membuatnya, mencari kode rumpun keilmuan dan jabatannya. Ketiga, bila dalam dua hari ini, tidak selesai permasalahan tersebut, maka kementerian dan lembaga yang bersangkutan dimunginkan mencarikebijakan alternatif. Pihak BKN memberikan penjelasan panjang lebar sambil menyampaikan keluhannya dalam membangun dan menerapkan system penerimaan CPNS yang belum siap pakai.
Hasil konfirmasi kepada pihak BKN tersebut kami sampaikan, supaya para pelamar tidak menyalahkan kami, kami tidak menutup-nutupi penerimaan CPNS jalur umum pada Satker kami. Hal ini terjadi, antara lain penyebabnya adalah bahwa data satker dan formasi belum selesai dimuat kedalam web. http://sscn.bkn.go.id, masalah ini tentuhanya dapat diselesaikan oleh pihak Biro Kepegawaian Kementerian Agama dan Badan Kepegawaian Negara selaku PANSELNAS. Kita berdo’a semoga persoalan teknis ini dapat diatasi, dan hal pelamar-pun terpenuhi.